BAGIKAN ARTIKEL INI KE PETANI LAIN


10/4/19

Cara Menanam Tanaman Gedi

Apa dan Untuk apakah Tanaman Gedi..?

Cara mmenanam tanaman gedi, manfaat daun gedi, tanaan herbal berkhasiat

Banyak yang belum tahu jenis tanaman Gedi ini terutama para generasi muda, Seperti apa bentuknya dan  bagaimana khasiat serta manfaatntnya..?, Tanaman Gedi yang bernama latin Abelmoschus manihot L , adalah sejenis tanaman yang tergolong ke dalam family Ketela Pohon/Singkong (manihot utilisima L ) karena bentuk daunnya yang mnirip dengan daun ketela pohon, sedangkan ketebalan dari Daun Gedi hampir sama dengan daun Pepaya karena jika di cuci dan di remas-remas akan mengeluarkan lendir sama seperti daun Pepaya. Tanaman Gedi dapat di tanam di dalam pot atau di tanam di halaman rumah.

Manfaat dan Khasiat Daun Gedi

Pada artikel Dunia pertanian ini saya mencoba engulas tentang Cara Menana Tanaman Gedi Tanaman Gedi merupakan tanaman yang sangat berkhasiat bagi kesehatan khususnya bagi Ibu Hamil harus tahu tentang Daun Gedi, dengan cara mengkonsumsi daunya, Daun Gedi dapat dijadikan sebagai sayuran yang dimasukkan kedalam bubur manado (makanan khas masyarakat Sulawesi) dan juga sering ditemukan di Papua. Tak hanya di Indonesia, di kepulauan pasifik, tanaman ini dimasak bersama dengan santan atau di sayur lodeh. Umumnya di Asia juga memasaknya dengan cara menumis dalam wajan bersamaan dengan beberapa siung bawang putih.
Baca : cara menumis Daun Gedi


Tanaman obat ini memiliki nilai yang penting bagi kebutuhan lokal dan kepentingan global. Herbal sendiri menjadi populer kembali. Seperti dalam kedokteran India, herbal menjadi kedokteran yang utama . Begitupula di Indonesia yang menyediakan tanaman hayati yang beragam dan kaya khasiat seperti daun gedi ini.


Tanaman ini memiliki bunga yang berdiamater besar antara 4-8 cm. Bunga nya berkelopak kuning dan memiliki benang sari. Kadang bunga-bunga tersebut juga digunakan sebagai campuran salad atau campuran untuk memasak. Bunga yang besar ini menandakan bahwa tanaman tersebut merupakan tanaman yang bergizi dengan memiliki kandungan protein yang tinggi. Tanaman gedi sendiri kini mulai banyak di tanam dan dijadikan objek penelitian untuk lebih mengeksplorasi khasiatnya, karena banyaknya manfaat untuk pengobatan tradisional di masyarakat.

Cara Menanam Tanaman Gedi

Cara menanamnya cukup mudah, yaitu dengan metode stek , sbb :
1.Siapkan media tanam dapat berupa Pot plastik kecil atau Polybag kecil, lalu isi dengan Tanah ang gembur.

2.Potong Batang Tanaman Gedi yang masih muda (berukuran Kelingking) dan biasanya pada batang utama tumbuh Tunas muda /cabang , lalu di potong menggunakan Gunting besar atau Pisau (Daunnya jangan dibuang).
3.Tancapkan /tanamkan bagian bawah batang Gedi kedalam media tanam yang telah disiapkan 

4.Siram setiap sore dan tunggu sampai 2 minggu tunas-tunas baru dari hasil stek sudah mulai tumbuh seperti pada gambar, jika waktu menanam ada Daun Gedi yang tersisa dibatang, maka daun ini akan terus ikut tumbuh bersama dengan batang.

Daun Gedi bagi Ibu Hamil, manfaat daun gedi5.Jika tanaman sudah besar sekitar tinggi 20 Cm, pindahkan ke media tanam yang lebih luas seperti pekarangan rumah atau pot besar.karena Tanaman Gedi akan cepat tumbuh merumpun dan tumbuh tunas-tunas baru seperti pada gambar.

Bila anda berminat menananya namun kesusahan untuk mencarinya karena Tanaman Gedi ini sudah jarang yang membudidayakanya, silahkan hubungi saya atau pesan dan tulis pada kolom komentar, kami akan mengirimnya gratis hanya minta ganti ongkir dan packaging/paking saja, untuk ONGKIRnya silahkan anda cek dulu melalui Jasa Pengiriman seperti JNE, POS atau TIKI dll, dari tempat saya di Cililin Bandung Barat ke alamat rumah anda.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Tanaman Gedi yang saya ambil dari beberapa sumber, Jika Bermanfaat bagi anda tidak ada salahnya berbagi Ilmu kepada teman/saudara anda siapa tahu mereka membutuhkan informasi ini dan jadikanlah sebagai Ibadah dalam berbagi Ilmu yang bermanfaat, karena dengan cara membagikan /SHARE informasi ini berarti anda sudah menolong orang lain dari kesusahan. Dan cara membagikannya silahkan anda catat atau klik link ini ...kemudian di share melalui WA
Salam Sehat Semoga Bermanfaat

Sumber : berbagai sumber

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Saya Suryanto/Wijaya ac.alamat jayanegara slt 6 Mojokerto 61315.WA 0852 5760 6960.ingin beberapa stek/bibit Gedi.apa bisa mohon bibit tsb dg COD. Trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. In Sya Alloh nanti di siapkan..terimakasih

      Delete