BAGIKAN ARTIKEL INI KE PETANI LAIN


10/31/20

Cara menanam cabai rawit bagi pemula lengkap 1

Cabai rawit adalah jenis tanaman sayuran yang banyak digemari oleh siapa saja, , khususnya di dunia pertanian pasti semuanya sudah kenal dengan buah lonjong kecil yang rasanya pedas ini, namun cara menanam cabai rawit yang benar khususnya bagi pemula pastinya ada yang belum tahu, cabe rawit dengan nama latinnya Genus Capsicum merupakan sayuran yang memiliki nilai ekonomi tinggi sebagai bumbu masak atau rempah.
dukun tani sopyan sarna

Cara menanam cabe rawit bagi pemula sangatlah mudah, Tanaman cabe rawit di budidayakan tidak hanya di perkebunan, banyak masyarakat yang membudidayakannya di pekarangan rumah atau menggunakan media polybag, pot, atau secara hidroponik (urban farming).
Nah pada artikel dunia pertanian kali ini akan aakan menjelaskan bagaimana cara menanam cabai rawit bagi pemula yang benar dan lengkap, sebagai langkah awal sebelum mengolah tanah untuk pertanaman, yang harus dilakukan paling utama adalah mempersiapkan benih/menyermai benih agar pada saat pengolahan tanah selesai benih juga sudah menjadi bibit dan siap pindah tanam, berikut ini tahapan cara menanam cabai rawit bagi pemula yang benar , sbb: :

Daftar isi halaman ini


1.Menyiapkan Benih Cabai Rawit

Bibit cabe rawit sebelum di semaikan di rendam terlebih dahulu dengan air hangat-hangat kuku,lalu masukan 1 siung bawang merah yang sudah di parut untuk mempercepat keluar calon tunas/akar, dan biarkan selama 24 jam, setelah itu di tiriskan lalu di bungkus menggunakan kain kaos warna hitam (diperam), di simpan di tempat yang gelap, usahakan benih cabai rawit di siram setiap hari agar selalu basah. Setelah 4-5 hari benih cabai rawit yang diperam biasanya sudah keluar calon tunas/akar, lalu pindahkan ke dalam planter bag/polybag/plastik/kantong tanam (1 tanaman/kantong) tunggu sampai berdaun 4-5 helai atau sekitar 4 minggu, baru di pindahkan ke lubang tanam yang sudah di persiapkan.
Komposisi media semai yang dipakai merupakan campuran tanah dan pupuk kandang/ kompos/organik dengan perbandingan 1:1, misalnya 1kg tanah dan 1 Kg pupuk kandang.


2.Menyiapkan Lahan untuk Cabai Rawit

Lahan tanah dicangkul sedalam 20-30cm, digemburkan dan dibiarkan selama satu minggu, setelah satu minggu lalu dibalik dan taburkan campuran pupuk kandang atau kotoran hewan (Kohe) sebanyak 3-4 Kg/m2 dan kapur pertanian sesuai dengan kebutuhan untuk tanaman cabai rawit, lalu biarkan kembali selama satu minggu, dan setelah lewat satu minggu ke dua kembali tanah di bolak balik, bentuklah bedengan lebar 80-100 cm dan panjang bedengan disesuaikan dengan luas lahan.setelah itu taburkan pupuk dasar (NPK) sesuai takaran.
Setelah bedengan rapih maka buatlah lubang tanam dengan jarak 50 X 40 Cm jika menanam 1 baris (single row) atau 60 X 50 Cm jika menanam dengan sistem 2 jalur atau secara zigzag.


3.Cara Menanam Cabai Rawit

Bibit yang sudah berdaun 4-5 helai di dalam polybag, dipindah tanamkan kedalam 1 lubang tanam pada bedengan yang sudah disiapkan, 1 tanaman cabe rawit/lubang
Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari, namun yang paling baik adalah sore hari karena menuju malam sehingga cuaca dingin tidak ada sinar matahari, lalu siram dan tancapkan ajir, jangan menancapkan ajir jika tanaman sudah besar karena akan merusak akar.


4.Cara Memelihara Tanaman Cabai Rawit

Siram tanaman cabai rawit secara rutin atau dua hari sekali dan waktu yang terbaik adalah sore hari agar tanaman tetap segar dan tumbuh sehat.
Taburkan pupuk NPK (Nitrogen, Posfor, Kalium) pada umuur 2-3 minggu setelah tanam, dengan cara menaburkannya keliling disekitar batang tanaman cabai rawit, setelah itu lalu di siram, atau di buat larikan sekeliling batang tanaman cabai rawit dengan jarak dari batang bawah 10cm ke larikan lalu tutup dengan tanah bekas larikan.
Agar tanaman lebih cepat tumbuh dan banyak buahnya maka semprotkan Zat Pengatrur Tumbuh 9ZPT) seperti produk dari PT Best  Eco Farming.


5.Cara Mengendalikan Hama Penyakit Cabai Rawit

Bersihkan gulma atau rumput liar di sekitar tanaman cabai rawit, bumbun atau menaikan tanah di sekitar batang tanaman menutupi batang akar bawah agar tumbuh akar-akar baru, lalu amati di sela-sela batang atas atau di bawah daun apakah ada hama atau penyakit/jamur yang menempel, jika ada segera semprot menggunakan Insektisida/fungisida yang cocok untuk mengendalikan hama tersebut seperti Trips, Ulat Grayak, Tungau atau lainnya.


6.Cara Memanen Cabai Rawit

Banyak cara untuk memanen buah cabai rawit, yang paling aman menggunakan gunting kecil agar tidak bantak tangkai yang patah, atau bisa juga secara langsung dipetik dipetik buahnya apabila buah cabe rawit terlihat matang dan berwarna merah.

Nah demikian cara menanam cabai rawit bagi pemula yang benar, selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment